Perjalanan Menuju Keterbukaan: Membahas Open Network dan Open Mainnet dalam Proyek Pi Network

hokanews,hoka news,hokanews.com,pi coin,coin,crypto,cryptocurrency,blockchain,pi network,pi network open mainnet,news,pi news     Coin     Cryptocurrency     Digital currency     Pi Network     Decentralized finance     Blockchain     Mining     Wallet     Altcoins     Smart contracts     Tokenomics     Initial Coin Offering (ICO)     Proof of Stake (PoS)     Proof of Work (PoW)     Public key cryptography Bsc News bitcoin btc Ethereum, web3hokanews


Pi Network, sebuah proyek kripto yang telah menarik perhatian global, tidak hanya karena pendekatannya yang inovatif terhadap blockchain, tetapi juga karena strategi pengembangan jaringan mainnet yang unik. Dalam upaya untuk mencapai kesiapan yang matang sebelum menghadirkan jaringan utama secara penuh, tim inti Pi Network memperkenalkan konsep mainnet tertutup dan mainnet terbuka.

Mainnet Tertutup: Persiapan dan Kesempatan

Fase awal mainnet Pi Network dimulai pada Desember 2021, yang dikenal sebagai mainnet tertutup. Pada periode ini, blockchain Pi aktif namun dilindungi oleh firewall untuk mencegah akses yang tidak diinginkan dari luar. Tujuan utama dari fase ini adalah memberikan kesempatan kepada jutaan Pionir di seluruh dunia untuk menyelesaikan proses KYC (Kenali Pelanggan Anda) dan mentransfer Pi mereka ke dalam blockchain utama. Pi yang telah ditransfer dapat digunakan untuk berbagai tujuan, termasuk pembelian barang dan jasa di aplikasi Pi, transfer kepada pengguna lain, atau dikunci untuk meningkatkan tingkat penambangan.

Dalam konteks mainnet tertutup, Pi Network juga memberikan ruang bagi komunitasnya untuk mengembangkan lebih banyak aplikasi, melakukan penyesuaian pada infrastruktur, dan menguji keandalan blockchain dalam kondisi nyata sebelum terjun ke jaringan terbuka. Pendekatan ini tidak hanya memungkinkan identifikasi dan penyelesaian masalah teknis yang mungkin muncul, tetapi juga memperkuat stabilitas ekosistem secara keseluruhan.

Manfaat dari Pendekatan Bertahap

Pendekatan bertahap menuju mainnet penuh memberikan banyak keuntungan. Selain memberi waktu bagi komunitas untuk beradaptasi dengan teknologi baru dan menyelesaikan proses regulasi seperti KYC, ini juga memberikan kesempatan bagi Pi Network untuk melakukan penyesuaian dan modifikasi sebelum jaringan terbuka diluncurkan. Dengan demikian, proses ini tidak hanya tentang mengaktifkan blockchain secara teknis, tetapi juga tentang membangun fondasi yang kokoh untuk pertumbuhan jangka panjang.

Mainnet Terbuka: Membuka Potensi Penuh

Jaringan terbuka, atau mainnet terbuka, adalah tahap selanjutnya dalam evolusi Pi Network. Pada fase ini, firewall yang melindungi akses ke blockchain utama dihilangkan, memungkinkan konektivitas eksternal penuh dengan jaringan lain, dompet kripto, dan layanan API yang dikelola oleh pihak ketiga. Hal ini membuka potensi penuh bagi Pi Network sebagai bagian integral dari ekosistem kripto global, memfasilitasi integrasi lebih luas dalam aplikasi dan layanan yang menggunakan teknologi blockchain.

Dalam konteks mainnet terbuka, Pi Network akan dapat beroperasi sepenuhnya sebagai entitas terdesentralisasi yang terbuka bagi partisipasi global. Ini tidak hanya memperluas cakupan penggunaan Pi di berbagai sektor ekonomi, tetapi juga menggambarkan komitmen Pi Network untuk mendorong inovasi dan adopsi teknologi blockchain dalam skala yang lebih luas.

Rencana Menuju Jaringan Terbuka

Pi Network telah menetapkan target untuk meluncurkan mainnet terbuka pada akhir tahun 2024, dengan syarat-syarat tertentu yang harus dipenuhi sebelumnya, seperti jumlah minimum pengguna yang berhasil menyelesaikan proses KYC dan migrasi dompet yang sukses. Persiapan untuk jaringan terbuka melibatkan pengujian yang lebih lanjut, penyesuaian infrastruktur, dan pengembangan aplikasi tambahan yang memanfaatkan kemampuan baru dari blockchain Pi.

Langkah ini tidak hanya tentang teknologi semata, tetapi juga tentang membangun kepercayaan di antara pengguna, regulator, dan pihak-pihak terkait lainnya tentang keandalan dan keamanan Pi Network sebagai platform yang inovatif dan aman.

Kesimpulan

Dengan demikian, perjalanan Pi Network menuju keterbukaan penuh dari jaringan mereka adalah bukti nyata dari komitmen mereka untuk menciptakan ekosistem yang kuat dan berkelanjutan. Dengan fase mainnet tertutup yang memberikan waktu bagi pengembangan dan adaptasi, dan fase mainnet terbuka yang akan membuka potensi penuh bagi integrasi global, Pi Network memposisikan dirinya sebagai pemimpin dalam revolusi teknologi blockchain.

Pendekatan ini tidak hanya menggambarkan teknologi yang maju, tetapi juga visi untuk menciptakan masa depan finansial yang lebih inklusif dan terdesentralisasi bagi semua orang. Dengan terbukanya jaringan, Pi Network tidak hanya membuka pintu untuk penggunaan yang lebih luas dari Pi di berbagai sektor ekonomi, tetapi juga memperkuat posisinya sebagai pemain kunci dalam transformasi digital global.

Dengan demikian, perjalanan menuju keterbukaan ini tidak hanya tentang teknologi, tetapi juga tentang menghubungkan komunitas global dalam visi bersama untuk masa depan yang lebih baik.

 

Salam hangat dari kami jitumaster untuk semua pioneers di mana pun kalian berada, khusus nya untuk pioneers indonesia, salam sukses !!!



Disclaimer


Artikel-artikel yang dimuat di situs web JituMaster disediakan hanya untuk tujuan informasi dan tidak dimaksudkan sebagai ajakan atau rekomendasi untuk berinvestasi. Jitumaster tidak bertanggung jawab atas keputusan investasi yang diambil berdasarkan informasi dari situs ini. Segala risiko yang timbul dari tindakan pembaca sepenuhnya menjadi tanggung jawab mereka sendiri, dan Jitumaster tidak memiliki keterlibatan atau tanggung jawab atas kerugian yang mungkin terjadi. Harap lakukan riset dan konsultasi dengan ahli keuangan sebelum membuat keputusan investasi apa pun.


Next Post Previous Post